Contoh Tanda Tangan yang Memberikan Kesan Terbaik

5 min read

Cara Membuat Tanda Tangan
Menandatangani Dokumen Resmi

Dalam pembuatan dokumen resmi, penggunaan tanda tangan menjadi hal yang wajib. Sebab, tanda tangan menjadi identifikasi dan juga sebagai jaminan agar isi dokumen memiliki kekuatan hukum yang sah.

Namun, tanda tangan juga bisa menjadi refleksi kepribadian pemiliknya. Tak jarang, untuk memberikan kesan pertama dalam sebuah kepentingan resmi, tanda tangan juga berperan penting. Berikut ini beberapa contoh tanda tangan yang bisa anda jadikan inspirasi, untuk mendapat kesan yang istimewa.

Baca juga: Cara mengubah pdf ke word.

Contoh Tanda Tangan Huruf Populer

Contoh tanda tangan huruf A

Gabungan huruf A dan simbol bintang, pas banget! – via alpha137gallery.com

Huruf A menjadi huruf vokal, yang cukup banyak digunakan dalam penggunaan sebuah nama. Beberapa nama pasaran yang berawalan dengan huruf A yakni, Agus, Agung, Andri, Anto, dan lain-lain. Biasanya tanda tangan dengan huruf A menggunakan beberapa simbol seperti bintang ataupun segitiga.

Contoh tanda tangan huruf D

Contoh tanda tangan huruf D – via lovemoney.com

Huruf D biasanya menjadi tanda tangan dengan simbol setengah lingkaran ke kanan. Namun yang paling ekstrim ada yang menggambarkan huruf D dengan kepala kapak. Biasanya huruf D mewakili mayoritas nama Dwi, Dani, Dika dan lainnya.

Contoh tanda tangan huruf F

Contoh tanda tangan huruf F – via autographlive.com

Bentuk huruf F memang terlihat lebih eksklusif dibanding bentuk huruf lainnya. Di Indonesia, pemilik nama yang berawalan huruf F sendiri tidak sebanyak huruf lain. Kebanyakan merupakan nama untuk warga keturunan. Beberapa yang menggunakan huruf F untuk nama dan tanda tangan yakni mereka yang bernama Fika, Fani, Fikri dan bisa juga Fiko.

Contoh tanda tangan huruf M

Contoh tanda tangan huruf M – via fiverr.com

Huruf M menunjukkan karakter yang kuat dan tegas jika diaplikasikan untuk sebuah tanda tangan. Sudah jamak, huruf M berdiri sendiri dengan tanda titik setelahnya untuk sebuah tanda tangan nama di Indonesia. Huruf M menjadi singkatan untuk nama yang banyak digunakan yakni Muhammad yang mengadopsi nama Arab. Contohnya M. Ridwan, M. Thohir dan lainnya.

Contoh tanda tangan huruf N

Contoh tanda tangan huruf N – via dribble.com

Huruf N sebagai huruf depan atau utama dalam sebuah tanda tangan menggambarkan pribadi yang rapi dan tegas. Biasanya diterapkan pada pemilik nama seperti Novan, Niko, Nina, dan lainnya. Beberapa contoh tanda tangan dengan menggunakan huruf N sebagai huruf utama, mengaplikasikan dengan membentuk huruf N secara miring, dengan ujung yang melingkar.

Contoh tanda tangan huruf S

Contoh tanda tangan huruf S – via huffingtonpost.com

Tanda tangan dengan berawalan huruf S bisa dibentuk dengan lebih stylish. Sebab bentuk huruf S simetris atas bawah dengan garis melingkar, namun tidak tertutup. Seperti huruf N, kebanyakan kreasi tanda tangan huruf S memanfaatkan lekukan di ujung huruf. Sayangnya, huruf S tidak berubah dalam bentuk huruf besar dan huruf kecil, seperti huruf M dan O.

Tanda Tangan Simpel

Beberapa orang tidak mau ambil pusing dengan bentuk tanda tangan mereka. Banyak yang memilih menggunakan tanda tangan yang simpel, bahkan terkesan asal-asalan. Hal ini bukan sesuatu yang dianjurkan, sebab seperti yang kita bahas di awal artikel bahwa tanda tangan bisa menjadi refleksi kepribadian.

Contoh tanda tangan simpel – via chirpstory.com

Ada beberapa alasan seseorang memilih tanda tangan yang simpel. Alasannya beragam mulai agar mudah diingat, tidak susah ditulis kembali ataupun agar gampang dibaca. 

Kelebihan Tanda Tangan yang Simpel

Tidak semua orang memiliki kemampuan mengingat yang baik, apalagi untuk sebuah tanda tangan. Terkadang, bentuk tanda tangan jadi tidak sama satu sama lain, karena lupa bentuknya.

Selain itu, tanda tangan yang terlalu rumit membuat orang susah untuk menulisnya kembali. Contoh saat tanda tangan pengurusan dokumen di bank. Karena ketatnya verifikasi data, tanda tangan harus sama persis. Jika tidak, pengurusan akan digagalkan oleh pihak bank. 

Bayangkan juga para artis terkenal, yang setiap hari mungkin harus memberikan kenang-kenangan kepada penggemar dengan sebuah tanda tangan. Jika dia lupa atau tanda tangan terlalu rumit dan panjang, pastinya akan memakan waktu lama dan capek sendiri.

Beberapa orang, membuat tanda tangan yang simpel sesuai dengan nama mereka. Hal ini ditujukan agar tanda tangan mudah dibaca, dan menunjukkan jika tanda tangan tersebut sudah sama dengan nama pemiliknya.

Kekurangan Tanda Tangan yang Simpel

Meski demikian, tanda tangan yang simpel tidak dianjurkan digunakan. Hal ini berkaitan dengan tingkat keamanan data anda sendiri. Tanda tangan yang terlalu simpel, membuatnya jadi mudah untuk ditiru orang lain. Bayangkan saja, dalam sebuah dokumen resmi semacam sertifikat tanah, tanda tangan yang terlalu simpel akan mudah dipalsukan.

Seperti kata pakar Grafolog asal Inggris, Tracy Russell, setiap tanda tangan mencerminkan kepribadian pemiliknya. Bahkan untuk tanda tangan yang simpel sekalipun. Menurut penelitiannya, tanda tangan simpel menunjukkan pribadi yang sederhana, tegas dan tidak suka bertele-tele. 

Beberapa waktu lalu, sempat viral tanda tangan pejabat Indonesia yang membuat heboh dunia maya. Tanda tangan itu milik Menkominfo Rudiantara. Tanda tangan tersebut hanya berupa garis horizontal yang sedikit melengkung ke atas di ujungnya. 

Hal tersebut membuat netizen tertegun, bagaimana bisa, seseorang dengan jabatan menteri yang penting seperti itu tanda tangannya terlalu simpel. Mereka beranggapan tanda tangan itu sangat rawan untuk dipalsukan.

Berikut ini beberapa contoh tanda tangan simpel yang dimiliki orang-orang penting.

Menentukan Tanda Tangan yang Sempurna

Dari awal artikel, beberapa kali kami menekankan pentingnya sebuah bentuk tanda tangan untuk memperlancar urusan resmi anda. Lalu hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan?

  • Menunjukkan Nama Terang Anda

Anda bisa membentuk tanda tangan dari nama lengkap anda sendiri. Contohnya seperti tanda tangan Steve Jobs. Dia menuliskan tanda tangan yang memperlihatkan nama depan dan belakangnya secara jelas. Ini menunjukkan bahwa anda seseorang yang percaya akan kemampuan yang anda miliki.

  • Huruf Kapital yang Berani

Jadikan huruf yang menjadi awalan nama anda dengan huruf kapital dan besar serta lebih menonjol dari huruf lainnya. Karakter huruf kapital mengesankan bahwa anda adalah seorang yang ambisius dalam meraih tujuan anda. 

  • Memberi Garis Bawah

Garis bawah bisa dijadikan trik untuk menunjukkan bahwa anda memiliki kepercayaan diri tinggi. Juga mencerminkan anda adalah sosok yang berambisi. Tentu, partner bisnis ataupun atasan suka dengan orang-orang yang ambisius.

  • Memberi Simbol yang Tak Biasa

Contohnya tanda tangan pemilik Twitter, Jack Dorsey. Dia menggunakan simbol @ yang khas yang menjadi karakter spesial untuk me-mention akun di Twitter. Secara tidak langsung dia ingin menunjukkan bahwa dia memiliki hubungan khusus dengan Twitter, ya, sebagai CEO-nya.

  • Inisial Nama Anda

Menggunakan inisial nama dalam sebuah tanda tangan lebih menonjolkan dalam hal bisnis. Contoh tanda tangan seperti ini dimiliki Mark Zuckerberg, CEO jejaring sosial nomor 1 Facebook. Menurut pakar, tanda tangan Zuck menunjukkan seseorang yang menghargai privasi dan juga mandiri. 

Terlepas dari itu semua, semua kembali pada pribadi diri anda sendiri. Dengan berbagai ide inspirasi dari teknolagi di atas, yang terpenting dari semuanya adalah anda menyukainya. Hal ini agar saat anda menggoreskan pena untuk tanda tangan, ada kepuasan dan kebanggan dalam diri anda.

Pepatah mengatakan, “Tidak ada tanda tangan yang jelek, karena akan selalu mencerminkan kepribadian. Tapi tidak berarti, anda tidak dapat membuatnya terlihat lebih bagus”

Bambang Rudiansyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *