Makota Hai! Senang melihat kamu sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di Makota. Jika ada keperluan, kamu bisa menghubungi saya melalui halaman Kontak.

8 Pertanyaan ini Bisa Bantu Tahap PDKT Kamu Dengan Doi Agar Tidak Membosankan

3 min read

Masa-masa PDKT alias pendekatan dirasa sebagai momen yang paling ‘menggemaskan’. Terkadang, banyak orang yang secara nggak sengaja melakukan beberapa kesalahan yang nggak mereka sadari saat momen PDKT.

Padahal, kesalahan kecil saja bisa merusak momen yang berpotensi menggagalkan usaha pendekatanmu. Salah satunya ialah menanyakan pertanyaan yang dianggap monoton oleh lawan bicara.

Bukannya tertarik, mereka justru akan merasa bosan dan malas menjawab pertanyaanmu, lalu pelan-pelan melipir karena ilfil.

Seorang pemilik akun Twitter @hitmansystem memberikan alternatif pertanyaan kreatif yang bisa digunakan saat PDKT. Bisa banget nih kamu paraktikkan nanti malam saat bertemu si doi!

1. “Kamu asalnya dari mana?”

Daripada memberikan pertanyaan yang terkesan membosankan ini, cobalah ajukan pertanyaan yang masih berkaitan namun lebih kreatif. Jawaban panjang dari lawan jenis akan membuat obrolan kalian berlanjut lo!

“Kalau aku jalan-jalan ke kota kelahiran kamu, ada tempat keren yang bisa aku kunjungi di sana?”

“Awal-awal merantau dulu, apa sih yang bikin kamu selalu teringat soal rumah?”

“Ada nggak kota lain yang rasanya seperti rumahmu?”

2. “Kamu anak ke berapa?”

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keluarganya, cobalah ajukan beberapa kalimat yang sekiranya akan mendapatkan jawaban panjang. Daripada obrolanmu berhenti karena pertanyaan di atas, coba deh tanyakan beberapa hal ini ke lawan bicaramu.

“Apa sih kegiatan seru yang paling sering kamu lakukan bersama saudaramu?”

“Ketika kalian masih kecil, ada nggak kelakuan yang bikin orangtua marah?”

“Apa yang membuat kamu dan saudaramu begitu dekat?”

3. “Kenapa kamu pindah ke kota ini?”

Alasan pindah sering menjadi salah satu hal yang perlu ditanyakan saat PDKT jika lawan bicaramu berasal dari kota lain. Biar nggak monoton, coba deh ajukan beberapa pertanyaan ini ke dia.

“Lebih nyaman mana, tinggal di kota ini atau kota asal?”

“Dari sekian banyak kota, kenapa kamu pilih kota ini buat kuliah atau kerja?”

“Kalau kamu pulang kampung, ada nggak sesuatu yang bikin kangen cepat-cepat balik ke sini?”

4. “Dulu kamu sekolah atau kuliah di mana?”

Pertanyaan di atas seolah menjadi hal wajib yang harus ditanyakan ke lawan jenis ketika baru pertama bertemu. Namun, supaya nggak terkesan formal dan lebih santai, coba deh ganti pertanyaan ini dengan beberapa kalimat berikut.

“Perubahan baik apa yang kamu harapkan setelah wisuda?”

“Pekerjaan kamu sekarang ada hubungannya dengan kuliah dulu?”

“Setelah lulus kuliah, masih sering kumpul dengan teman-teman atau pada sibuk sendiri-sendiri?”

5. “Kamu kerja di mana?”

Monoton nggak sih kalau lagi PDKT tapi ditanya hal seperti ini terus. Bisa-bisa lawan bicaramu bosan dan nggak mau ngobrol denganmu lagi lo! Nah, supaya hal ini nggak terjadi, ganti pertanyaanmu dengan kalimat ini.

“Bagaimana kamu berbaur dengan teman-teman baru di lingkungan kerja?”

“Apa sih kelakuan bos yang bikin kamu geleng-geleng kepala?”

“Pernah nggak kepikiran untuk kerja di tempat lain?”

6. “Kamu suka nonton apa?”

Nah, untuk mengetahui kesukaan lawan bicaramu, coba tanyakan film apa yang sering ditontonnya. Tapi supaya obrolan nggak berhenti di situ saja, kembangkan pertanyaanmu jadi seperti ini.

“Sebutin dong film yang nggak pernah bosen kamu tonton berkali-kali?”

“Film apa yang kiranya bagus banget, tapi pas ditonton ternyata jelek?”

“Kasih aku rekomendasi film yang ending-nya nggak ketebak dong!”

7. “Kamu doyan baca apa?”

Biasanya ini sering ditanyakan ketika kamu mau tahu buku bacaan favorit lawan bicaramu. Tapi, supaya pertanyaannya bikin kamu setingkat lebih cerdas, coba deh ganti dengan kalimat ini.

“Pernah nggak kecewa sama film yang diadaptasi dari buku favoritmu?”

“Ada berapa buku yang kamu baca dalam seminggu?”

“Kamu lebih doyan buku fisik atau e-book? Kenapa?”

8. “Kamu senang dengar musik apa?”

Nah, ini bisa jadi salah satu pertanyaan modus yang bisa kamu tanyakan supaya di pertemuan berikutnya, kamu bisa mengajak lawan bicaramu nonton konser bareng. Namun, untuk tahu musik favorit lawan bicara, coba deh ganti pertanyaan dengan kalimat berikut.

“Konser siapa yang menurutmu adalah konser terbaik/terburuk?”

“Jenis musik apa yang kamu dengar saat lagi kerja?”

“Kamu pernah mengalami kejadian buruk saat menonton konser?”

Meski terkesan sepele, mengajukan pertanyaan yang lebih kreatif dan nggak itu-itu saja juga menjadi kunci keberlanjutan hubunganmu lo! Jadi, daripada pendekatanmu berhenti di sini, coba benahi template pertanyaanmu dari sekarang, biar di gebetan makin tertarik pengen tahu lebih jauh tentang kamu!

Sumber: Hipwee.com

Makota Hai! Senang melihat kamu sudah menyempatkan waktu untuk membaca artikel di Makota. Jika ada keperluan, kamu bisa menghubungi saya melalui halaman Kontak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *